Minggu, 16 Desember 2012

6 Hal Yang Dapat Menyebabkan Malas Belajar dan Cara Mengatasinya

Belajar adalah hal yang kita lakukan setiap hari. Namun terkadang malas melanda. Apa saja penyebab malas tersebut? Bagaimana cara mengatasinya?




1. Sulit memahami soal

Permasalahan satu ini sering dijadikan alasan untuk malas belajar karena diawal sudah sulit memahami soal dalam mata pelajaran. Keadaan yang pusing bisa membuat malas menyerang.  Untuk mengatasi hal ini Sobat pembaca bisa mencoba belajar kelompok bersama teman dekat yang bisa membantu Sahabat memahami soal-soal yang sulit Sobat pahami.

2. Lingkungan sekitar

Lingkungan sangatlah berpengaruh dalam proses belajar. Apabila Lingkungan tidak nyaman maka secara otomatis akan menyebabkan malas belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebaiknya Sobat menciptakan lingkungan belajar senyaman mungkin.


3. Bermain game

Apabila Sobat terlalu sering bermain game maka akan kecanduan bermain dan akan merasa berat untuk meninggalkan permainan tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Sobat pembaca bisa mengatur dan membatasi jam main Sobat dan menambah jam belajar.


4. Mood

Mood adalah sesuatu yang sangat berpengaruh dalam proses belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, Sobat sebaiknya menciptakan mood yang baik dan kondusif sebelum belajar. Sesuatu yang diawali dengan hal yang baik, Insya Allah akan lancar ke depannya.


5. Sarana yang tidak mendukung

Sarana yang tidak mendukung merupakan salah satu faktor penyebab kemalasan dalam belajar terjadi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut hendaknya Sobat mempunyai sarana yang cukup mendukung untuk belajar misalnya buku,ballpoint, pensil, meja belajar, kursi, buku pelajaran, dll. Apabila sarana yang Sobat miliki kurang memadai, Sobat pembaca bisa meminjam melalui teman.Tapi jangan lupa, kembalikan barang yang Sobat pinjam.


6. Keadaan fisik yang kurang sehat

Saat sedang sakit, belajar adalah hal yang  tidak menjadi pilihan. Jangankan belajar, makanpun malas untuk dilakukan. Oleh karena itu, Sobat wajib bersyukur atas anugerah yang diberikan oleh Allah SWT. Menjaga kesehatan agar fisik selalu sehat Insya Allah  mendukung semangat belajar Sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar